Blogroll

Páginas

Monday, October 31, 2011

Tugas Resume Perilaku Keorganisasian

Organisasi untuk membentuk Sumber Daya Manusia yang handal

NIM  : 10.41010.0264
Nama Dosen : Tri Sagirani



Sebelumnya kita ketahui terlebih dahulu definisi dari organisasi. Organisasi adalah sekumpulan dari sekelompok individu yang bekerja bersama-sama dalam kelompok tersebut demi mencapai tujuan bersama. Di dalam organisasi terjadi hubungan-hubungan dari berbagai bagian-bagian organisasi dalam melakukan suatu pekerjaan. Jadi individu-individu dalam bagian-bagian organisasi saling berkoordinasi dengan individu dalam bagian lain dalam melakukan suatu pekerjaan. Mereka di tuntut untuk saling bekerja sama demi mencapai tujuan yang diharapkan organisasi tersebut. 

Dalam organisasi itu apa saja yang diajarkan atau diberikan kepada individu yang ada didalamnya ? dalam suatu organisasi individu yang ada di dalamnya diajarkan. Pertama bagaimana individu bisa memanajemen waktu pada suatu pekerjaan. Kedua individu diajarkan untuk memegang dan mempertanggung jawabkan “tanggung jawab” nya dalam memegang peran masing-masing dalam suatu organisasi. Ketiga segala sesuatu hal pasti tidak lepas dari yang namanya masalah, dari masalah yang dialami oleh suatu individu , bagaimana kita bisa memotivasi dan memberikan semangat supaya yang mendapatkan masalah bisa bangkit lagi. Keempat menjaga komunikasi antara satu dengan yang lain. Dengan komunikasi ini akan mengasah skill  atau kemampuan seseorang dalam berkomunikasi dengan orang lain. Kelima mengajarkan seseorang untuk bisa tulus, ikhlas dalam bekerja serta bagaimana bekerja dengan mengandalkan semangat hidup.

Sekarang kita akan membahas perihal kemampuan dalam diri seseorang. Dalam segala hal organisasi dan di dunia kerja seseorang dituntut untuk memiliki kemampuan . kemampuan itu sendiri bisa dikatakan kesanggupan seseorang dalam melakukan suatu hal. Kemampuan dalam diri seseorang digolongkan menjadi dua macam. Pertama kemampuan Intelektual, kemampuan ini kita dapat dari apa yang kita pelajari dari kita kecil hingga sekarang ini. Kemampuan Intelektual sendiri mencakup kecerdasan angka, bagaimana kemampuan seseorang dalam berhitung. Selain angka, adalah kecerdasan verbal bagaimana seseorang memahami apa yang dia baca dan didengar. Contoh pekerjaan yang menggunakan kemampuan Intelektual adalah Dokter, System Analis, Akuntan, Intelejen.  Kedua kemampuan Fisik,kemampuan ini kesanggupan fisik seseorang dalam melakukan tugas-tugasnya yang mana kemampuan fisik ini menuntut stamina, kecekatan dan kekuatan.  Contoh pekerjaan yang membutuhkan kemampuan fisik adalah pegawai / karyawan yang bertugas dibagian gudang pada suatu perusahaan, kuli bangunan, sopir. Dalam bekerja kita  harus memiliki salah satu kemampuan atau bahkan keduanya harus kita miliki. Kalau kemampuan Intelektual kita bisa dapatkan dari pembelajaran disekolah ataupun perkuliahan. Namun jika kemampuan fisik kita bisa mendapatkannya dari apa yang kita lakukan sehari-hari, dari pekerjaan yang mengandalkan fisik sehari-hari.
 
Sikap dalam suatu Keorganisasian , sikap dalam diri inividu atau tuingkah laku yang dimiliki individ sejak lahir dimana tingkah laku tersebut bisa bersifat baik dan buruk. Ada tiga komponen dari sikap seseorang. Pertama kognitif yaitu keyakinan yang dimiliki seseorang terhadap apa yang berlaku dan apa yang benar bagi objek. Dengan komponen sikap ini akan menjadi dasar seseorang  mengenai apa yang dapat diharapkan dari objek tertentu. Kedua Afektif komponen sikap yang ini berhubungan dengan emosional dan perasaan  seseorang terhadap suatu objek sikap. Ketiga psikomotorik  yaitu perilaku yang dimiliki seseorang terhadap objek sikap. Menurut (Notoatmodjo, 1997) psikomotorik merupakan perilaku atau kecendrungan berperilaku dengan yang ada dalam diri seseorang berkaitan dengan obyek sikap yang dihadapi.


Kesimpulan
         
        Dari penjelasan diatas tentang apa yang bisa kita dapat dari organisasi, ternyata organisasi memberikan banyak pembeajaran yang nantinya dapat membentuk karakter masing-masing individu. Selain itu softskill yang kita dapat seperti bagaimana kita berkomunikasi dengan orang lain, berkoordinasi dengan sesama anggota kelompok, memotivasi antar anggota dan juga melihat dan menghadapi karakteristik yang berbeda-beda pada diri orang lain. Hal yang seperti itu yang nantinya akan bermanfaat buat kita semua dalam menghadapi dunia kerja yang tak lain kita akan menjadi bagian dari organisasi yang lebih besar. Dalam persaingan dunia kerja  yang ketat  Sumber Daya Manusia yang handal dan berkualitas lah yang akan bertahan dan mendapatkan tempat dalam berkarir. Selain softskill yang kita dapat dari organisasi kita jangan mengabaikan hardskill atau kemampuan yang kita dapat dari proses pembelajaran di sekolah-sekolah hal tersebut untuk membentuk kita menjadi individu yang Intelek memiliki kecerdasan, dan kemampuan otak yang memadai yang dibutuhkan dalam bidang pekerjaan yang diinginkan.
            Jadi itulah untungnya kita berkecimpung di organisasi. Di kampus maupun di tempat tinggal kita tentu ada yang namanya sebuah organisasi. Alangkah baiknya jika kita bisa ikut menjadi bagian dari organisasi tersebut dan menyerap ilmu dari situ. Jangan takut untuk tidak bisa berorganisasi karena disitu kita juga akan dibimbing dan ajarkan.


0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More