Blogroll

Páginas

Tuesday, November 22, 2011

Tugas Pemrograman Basis Data


TUGAS PEMROGRAMAN BASIS DATA 
APLIKASI MAINTENANCE PRODUCT BERDASARKAN DATABASE NORTHWIND

Nama Dosen : Tan Amelia

Nama Anggota Kelompok :

1. Ariocky Agustinus (10410100256)
2. Hafidh Evanisa Cahya (10410100257)
3. Nur Sakti Yanuar Ardhy (10410100264)

Desain interfaces
                                        Gambar 1.1
Tampilan awal menggunakan desain yang ada pada microsoft visual studio 2010, yang mana kami hanya menggunakan 4 jenis komponen:
-textbox
-combobox
-button
-label

Dimana setiap komponennya masing-masing mempunyai pendeklarasian,
*textbox, kami membuat dengan 7 buah
*combobox, kami membuat dengan 3 buah
*button, kami membuat dengan 6 buah
*label, kami membuat dengan 12 buah

                                                Gambar 1.2



Fungsi masing-masing perintah dari gambar 1.2 :
Combobox1: ProductID
Combobox2: SupplierID
Combobox3: CategoryID
Dan
Textbox1: Product Name
Textbox2: Quantity per unit
Textbox3: unit price
Textbox4: unit in stock
Textbox5: unit on order
Textbox6: reorder level
Textbox7: discontinued
Untuk connection database coding yang diperlukan :

 
Lalu terbagi kedalam beberapa sub yaitu:
-          Sub produk_kombo, yang digunakan sebagai select yang memberikan seluruh data-data yang ada pada tabel Products kolom ProductID





-          Sub supplier_kombo, yang digunakan sebagai select yang memberikan seluruh data-data yang ada dari tabel Suppliers dan pada kolom SupplierID





-          Sub category_kombo, yang digunakan sebagai select yang memberikan seluruh data-data yang ada pada tabel Categories kolom categoryID
-           

-          Lalu cara dalam pembuatan form1_load atau form seluruh bagan yang ada dengan source code:

 
Source code untuk button display, yang kemudian akan menampilkan seluruh data dengan cara memberikan informasi berupa productID yang mana sebagai primary key untuk mewakili input data yang akan disearch kedalam database northwind untuk kemudian akan menampikan seluruh data yang ada pada textbox sesuai dengan form dan sesuai dengan data tabel yang ada pada tabel Products yang meliputi (ProductID, productname, SupplierID, CategoryID,  Quantitiyperunit, unitprice, unitsinstock, unitsonorder, reorderlevel, discontinued ), kemudian akan tampil juga label dari company name yang akan tampil ketika supplierId mengisi data yang ada dari tabel Supplier dan category name juga akan tampil ketika categoryid telah terisi dari tabel Categories.
Button save yang mempunyai fungsi untuk menyimpan data yang diinsert kedalam database yang mana akan menginsert melalui combobox1, 2 dan 3 dan juga textbox 1, 2, 3, 4 , 5, 6 dan 7. Ketika seluruh data telah diinsertkan kepada masing-masing tempat tersebut maka akan muncul messagebox berupa “Save Sukses”, yang dimana pada syntax msgbox merupakan perintah untuk menampilakan pesan dengan GUI berupa form. 

 
Button Edit yang berfungsi untuk mengedit atau mengupdate suatu data kedalam database. Dimana seluruh perintah inputan data yang ada dari combobox1, 2 dan 3 dan textbox1/2/3/4/5/6/7 kemudian kita bisa ubah data tersebut dan seteleh itu akan memberikan pesan berupa (“Edit Berhasil !”)

 
Button delete yang berfungsi untuk menghapus data pada teks. Perintah yang di delete hanya dari ProductId sebagai primarykey akan menghapus seluruh data record yang ada sehingga hanya combobox1 yang akan di delete. Setelha berhasil akan memberikan output berupa messagebox berupa (“data telah berhasil dihapus !”) 

 
Button clear mempunyai fungsi untuk menghapus data ketika data sebelumnya dibuka sehingga membuat form tidak terisi. Perintah combobox1/2/3.text=” ” akan memberikan nilai kosong kepada seluruh combobox yang ada sehingga dapat dipastikan tidak terdapat nilai di dalmnya. Untuk textbox1/2/3/4/5/6/7.clear() akan melakukan penhapusan atau menghilangkan data yang ada pada textbox yang telah terisi data sebelumnya




Button close berfungsi untuk mengakhiri sebuah program setelah mengupdate,edit,atau hapus. Connect.close() mengindifikasikan bahwa koneksi kepada database diclose/ditutup dan perintah close() akan menutup form dan menghentikan proses debugging.:


1 comments:

sip, kalo bisa kasih widget shout box biar gampang kontek-kontekan plus gampang sharing link blog.

ente sudah ku follow. follback yea..
keep blogging! ^^

http://rnote.blogspot.com

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More