Blogroll

Páginas

Tuesday, November 15, 2011

Tugas Resume Pemrograman Basis Data Materi 8

ADO.NET DAN CONNECTED APPLICATION

Nama   :  Nur Sakti Yanuar Ardhy
Nim     :  10410100264
Dosen  : Tan Amelia 

ADO.NET
            ADO.NET adalah satu set kelas yang mengekspos layanan data akses ke programmer. NET. ADO.NET menyediakan fungsionalitas untuk pengembang menulis kode dikelola mirip dengan fungsionalitas yang disediakan untuk pengembang COM asli oleh ADO. ADO.NET menyediakan akses konsisten untuk sumber data seperti Microsoft SQL Server serta sumber-sumber data yang terpapar melalui OLE DB dan XML. Berbagi data aplikasi konsumen dapat menggunakan ADO.NET untuk menghubungkan ke sumber-sumber data dan mengambil, memanipulasi, dan data update.
ADO.NET menyediakan kaya set komponen untuk menciptakan didistribusikan, berbagi data aplikasi. Ini adalah bagian integral dari NET Framework., Menyediakan akses ke data relasional, XML, dan data aplikasi. ADO.NET mendukung berbagai kebutuhan pembangunan, termasuk penciptaan front-end klien database dan tengah-tier obyek bisnis yang digunakan oleh aplikasi, alat, bahasa, atau browser internet.
Jadi ADO.NET merupakan bagian dari .NET Framework. ADO.NET terdiri dari sekumpulan kelas yang digunakan untuk menangani akses data yang sepenuhnya didasarkan pada XML. ADO.NET berbeda dari ADO yang mana ADO tidak ada objek recordset
Struktur ADO.NET

ADO.NET merupakan suatu Class di dalam System.Data.Dll dan terintegrasi dengan Class XML di System.Xml.Dll
Dalam penerapan ADO.NET, kebutuhan mengakses data dapat dilakukan dengan menggunakan .NET Framework data Providers, terdiri dari :
  • Data Provider for SQL Server (System.Data.SqlClient).
  • Data Provider for OLEDB (System.Data.OleDb).
  • Data Provider for ODBC (System.Data.Odbc).
  • Data Provider for Oracle (System.Data.OracleClient).
Terdapat 2 komponen penting dalam ADO.NET Class ,yaitu:
      1. Data Provider
      2. Dataset

1.Data Provider mengandung beberapa object antara lain:
•    Connection object (SqlConnection, OleDbConnection, OdbcConnection, OracleConnection)
•    Command object (SqlCommand, OleDbCommand, OdbcCommand, OracleCommand)
•    DataReader object (SqlDataReader, OleDbDataReader, OdbcDataReader, OracleDataReader)
•    DataAdapter object (SqlDataAdapter, OleDbDataAdapter, OdbcDataAdapter, OracleDataAdapter).

2. Dataset menggambarkan suatu "wadah" atau suatu tempat data yang terdiri dari :
Datatables dan Datarelations
dimana kedua object tersebut mepresentasikan hasil dari command Object.


Bagan Arsitektur ADO.NET


                Penjelasan dari  gambar diatas :
 Command           : Object yang digunakan untuk melakukan eksekusi Query SQL Statement.
  Data Reader       : Object yang digunakan untuk membaca data
 Data Adapter     : Object yang menjembatani antar sumber data dan Dataset dalam pengambilan dan manipulasi data.
 Connection         : Object yang digunakan untuk melakukan koneksi ke sumber data.


CONNECTED APPLICATION
                Sistem manajemen database (DBMS) menyediakan API yang memungkinkan programmer aplikasi untuk membuat dan mengakses database.
Microsoft menyediakan teknologi untuk akses database disebut ADO.NET, sebuah teknologi yang diperbaharui dari teknologi-teknologi sebelumnya ( ODBC , OLEDB dan ADO ).
ODBC
                Open Database Connectivity (ODBC) merupakan API pertama yang dibuat oleh Microsoft sebagai langkah awal untuk menyeragamkan antarmuka semua database provider. Sehingga semua database provider yang ingin sistem databasenya dapat digunakan harus membuat driver tersendiri yang mendukung teknologi ODBC. Hal ini memudahkan pengguna, karena mereka tidak harus lagi langsung berbicara dengan sistem database, melainkan menggunakan driver ODBC yang telah “membungkus” semua fungsionalitas sistem database yang dipakai apabila dibandingkan dengan harus berinteraksi langsung dengan databasenya. Pada saat ini teknologi ODBC hanya digunakan untuk database-database lama, misalnya Access, SQL Server ataupun Oracle dengan versi yang terdahulu. ODBC ini memiliki beberapa kelemahan diantaranya yaitu tidak adanya dukungan untuk mengakses data yang siftanya hirarki, jadi teknologi ini hanya mendukung relational database.
OLEDB
                Object Linking And Embedded Database (OLE DB) merupakan teknologi data akses terbaru setelah ODBC. Teknologi ini menghapus semua kekurangan-kekurangan yang dimiliki oleh ODBC, diantranya ialah masalah akses data terhadap database yang sifatnya hirarki dan juga tingkat performansi akses data lebih ditingkatkan lagi. Teknologi ini digunakan untuk database versi terbaru pada saat itu, dan sampai sekarang pun masih digunakan. Dengan teknologi ini kita dapat membuat aplikasi yang independent terhadap database yang digunakan.
ADO
                ActiveX Data Objects (ADO) adalah kumpulan objek-objek ActiveX yang didesain untuk bekerja dalam envirotment yang secara tetap harus terkoneksi dengan database. Ini dibuat diatas provider-provider OLE DB. OLE DB kemudian mengakses data-data non-SQL seperti database SQL, dan ADO menampilkan antarmuka  yang dirancang untuk memudahkan bekerja dengan provider
OLE DB
                Bagaimanapun, mengakses data dengan ADO berarti kita harus melewati beberapa lapisan koneksi sebelum kita bisa mengakses databasenya. Hal ini disebabkan OLE DB bisa dikoneksikan dengan sejumlah database dari berbagai vendor dengan teknologi pengaksesan data yang lebih tua Open Data Connectivity (ODBC), yang bahkan mendukung koneksi dengan database-database yang sudah sangat tua seperti dBase dan Paradox. Untuk mengakses ODBC menggunakan ADO,kita menggunakan provider OLE DB untuk ODBC , hal ini menambah lapisan baru untuk model yang sudah berlapis-lapis seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.
                Dengan model pengaksesan data yang berlapis-lapis dan kemampuan alami ADO yang harus selalu terkoneksi kita bisa saja menghabiskan sumber daya server dan membutuhkan koneksi yang sangat lambat. ADO memang berjalan dengan cukup baik pada saat ini, namun ADO.Net mempunyai fitur-fitur hebat yang membuatnya menjadi teknologi pengakses data yang superior.
(Sumber : Beginning VB 2005, Database, from Novice to Professional, Penulis James Huddleston, Ranga Raghuram, Syed Fahad Gilani, Jacob Hammer Pedersen, Jon Reid)
Referensi :
http://www.megasourcecode.net/index.php/component/content/206?task=view&lang=
http://netindonesia.net/blogs/iy4n/archive/2005/06/20/4211.aspx







0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More