Blogroll

Páginas

Sunday, November 13, 2011

Tugas Resume Pengantar Teknologi Informasi

PERVASIVE COMPUTING (Komputasi Perfasive)


             Pervasive Computing (Komputasi perfasiv) adalah suatu konsep komputasi yang bisa digunakan dimanapun dan kapanpun. Pervasive sendiri jika diartikan sebenarnya berarti meresap. Meresap disini artinya teknologi berbasis komputasi atau media elektronik telah meresap dan melekat dalam masyarakat sekarang ini sehingga manusia yang menggunakannya pun tidak menganggap bahwa hal tersebut (teknologi Komputasi) merupakan hal yang khusus atau menganggap sesuatu yang istimewa. Hal tersebut bisa kita saksikan atau kita jumpai di dalam kehidupan sekarang ini seperti telepon selular (handphone) yang berukuran kecil yang bisa dibawa kemanapun serta tuntutan manusia untuk bisa saling berkomunikasi dengan orang lain untuk berbagai kepentingan membuat orang tidak bisa lepas dari Handphone. Bahkan sekarang ini bisa dikatakan semua orang memiliki handphone hingga kita tidak menyadari bahwa hidup kita selalu membutuhkan alat komunikasi. Contoh lainnya yaitu dalam penggunaan kartu Kredit, sebenarnya hal tersebut juga merupakan teknologi komputerisasi. Dalam berbelanja disuatu tempat kita tidak perlu untuk membawa uang tunai dengan kartu tersebut kita bisa membayar barang yang kita beli. Kemudian kita tinggal menunggu tagihan dari pihak bank tertentu datang mendatangi kita kerumah tanpa perlu mengeluarkan tenaga dan meluangkan waktu pergi ke suatu tempat untuk membayar tagihan.

Di jaman yang modern ini telah menciptakan manusia yang mempunyai pemikiran yang beraneka macam dengan kata lain telah menciptakan manusia yang intelek dan luar biasa dalam menciptkan sesuatu hal. Tidak menutup kemungkinan jika suatu hari nanti akan muncul penemuan-penemuan teknologi baru yang bisa membantu manusia di dalam kehidupannya. Saya sebagai penulis juga memiliki suatu angan-angan tentang teknologi luar biasa yang bisa saya ciptakan sendiri. Meskipun hanya sebuah angan- angan penulis berharap suatu saat bisa diwujudkan. Saya akan sebutkan dan jelaskan tentang teknologi masa depan yang sekiranya akan mengguncang dunia.
1.      Menciptakan suatu alat yang bisa dipasang di sebuah mobil yang nantinya bisa memberitahukan segala sesuatu hal meliputi bagaimana kondisi mesin, isi bahan bakar, permasalahan yang terjadi didalam mesin. Semua bisa diketahui dengan cara pengguna menanyakan langsung ke alat tersebut sehingga akan tejadi interaksi dengannya. Sehingga jika terdapat suatu kerusakan akan bisa diketahui dan diperbaiki lebih dini. Selain itu juga dilengkapi dengan sistim keamanan untuk menghindari pencurian yang selama ini marak terjadi. Yaitu dengan cara menggunakan sidik jari untuk bisa menyalakan kendaraan tersebut.
2.      Menciptakan alat yang bisa menampilkan hologram dari seseorang. Gambaranny seperti ini jika terdapat suatu acara yang mana harus mengumpulkan orang dalam jumlah tertentu pasti terdapat berbagai kendala meliputi lokasi keberadaan seseorang dalam waktu tertentu jika jauh maka akan menjadi masalah. Maka dengan alat hologram ini orang bisa melakukan rapat atau pertemuan secara online meskipun berbeda lokasi. Gambar orang secara detail bisa muncul dengan alat ini beserta gerakan-gerakan yang dilakukan. Konsep ini seperti tele conference akan tetapi bisa menampilkan tubuh seseorang secara utuh.
   PERVASIVE COMPUTING FRAMEWORK
Menurut phil stone dan Robin Yan, pervasive computing dapat diorganisasikan dalam framework yang terdiri dari menghasilkan (generating), pemrosesan(processing), moving(perpindahan), dan penggunaan (using) informasi.
Menghasilkan informasi melibatkan ukuran dan input manusia. Pemrosesan informasi melibatkan mengubah data mentah menjadi informasi yang berguna dalam database. Perpindahan informasi melibatkan menemukan membuat distribusi informasi yang efektif. Penggunaan informasi melibatkan menampilakan informasi kepada user dengan cara yang baik.

   TUJUAN DARI PERVASIVE KOMPUTING
Dari penjelasan dan juga contoh-contoh dari pervasive Computing diatas bisa saya jelaskan Tujuan dari pervasive computing adalah membawa komputasi dalam dunia nyata dan memungkinkan manusia berinteraksi dengannya dengan cara yang lebih alami seperti berbicara, bergerak, menunjuk dan menyentuh. Dengan kata lain, pervasive komputing membuat komputasi menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.
Pervasive komputing dapat meningkatkan penggunaan komputer dengan membuatnya tersedia (available) melalui lingkungan fisik namun membuatnya tidak terlihat oleh user. Selain itu, pervasive computing memungkinkan teknologi menjadi transparan. Transparansi dapat terjadi disebabkan karena lingkungan dari pervasive computing merupakan kumpulan dari benda-benda yang mudah dipakai, mudah diselipkan dan mudah di bawa ke mana-mana(portable), juga terkoneksi secara wireless (tanpa kebel)



Sumber :
http://kupalima.wordpress.com/2008/04/09/pervasive-computing/
http://ika-febria.blogspot.com/2010/04/chapter-5-mobile-wireless-and-pervasive.html






0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More